Cara Mempercepat Haid Secara Alami Dan Cepat

Cara Mempercepat Haid Secara Alami Dan Cepat - Sering kali seorang wanita mengalami siklus haid yang tidak teratur. Ada yang haidnya terlambat sampai berbulan..

Sabtu, 13 Oktober 2018

Cara Mempercepat Haid Secara Alami Dan Cepat

Cara Mempercepat Haid Secara Alami Dan Cepat

Sering kali seorang wanita mengalami siklus haid yang tidak teratur. Ada yang haidnya terlambat sampai berbulan-bulan, atau justru belum waktunya datang namun sudah haid. Jika  Anda menyadari perubahan dalam siklus menstruasi Anda, itu bisa menjadi gejala untuk masalah kesehatan kelamin

Anda. Jika Anda ingin segera menstruasi, ada cara mempercepat haid dengan pengobatan alami.
Jadi jika Anda sedang mengalami siklus yang tidak teratur, gunakan cara-cara alami di bawah ini. Jangan sampai Anda terkena gejala apapun karena siklus haid Anda yang tidak teratur.


Penyebab Haid Tidak Teratur


Siklus menstruasi Anda dikendalikan oleh hormon, yang jika tidak seimbang, dapat menyebabkan ketidakteraturan siklus menstruasi. Penyebab paling umum adalah fluktuasi hormon Anda (terutama ketika mempengaruhi kadar estrogen Anda):

Ada  beberapa penyebab yang membuat siklus haid Anda menjadi tidak lancar di antaranya adalah :


1. Kehamilan 


Menstruasi yang tidak teratur kadang-kadang bisa menjadi tanda kehamilan. Jika Anda berpikir sedang hamil, kunjungi dokter untuk konsultasi.)


2. Stres


Sering bepergian dan gaya hidup yang sibuk dapat mengganggu produksi estrogen dan menyebabkan siklus menstruasi terlambat atau hilang.


3. Diet 


Jika Anda sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat maka itu dapat memengaruhi tubuh dan aliran Anda. Demikian pula, penurunan atau penurunan berat badan secara tiba-tiba, serta malnutrisi, dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur.


4. Obat dan kontrasepsi


Metode  pengendalian kelahiran hormonal seperti pil atau suntikan dapat mempengaruhi menstruasi Anda.


5. Pubertas 


Pubertas adalah fase dalam hidup Anda di mana fluktuasi hormonal mempengaruhi siklus menstruasi.


6. Perimenopause 


Perimenopause adalah waktu menjelang menopause. Saat perimenopause berlangsung menjelang menopause dan juga siklus menstruasi yang sangat normal akan menjadi tidak teratur dan kadar hormon berfluktuasi.

Siklus menstruasi dapat menjadi tidak ada dan kemudian tiba-tiba kembali untuk beberapa siklus, dan kemudian hilang lagi, menjadi sporadis selama beberapa tahun. Ketika cadangan ovarium berkurang dan kesehatan telur menurun, siklus menstruasi akan menjadi semakin tidak teratur, sampai akhirnya berhenti.


7. Menopause


Menopause didefinisikan sebagai tidak adanya menstruasi selama satu tahun atau lebih. Menopause juga dapat dikonfirmasi oleh peningkatan kadar FSH antara 60 hingga 100mL .


8. Olahraga Ekstrim  


Olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan menstruasi tertunda atau tidak datang sama sekali.


9. Kelebihan Berat Badan 


Ada hubungan langsung antara anovulasi dan obesitas. Sel-sel lemak tubuh, yang disebut adiposit, menghasilkan estrogen. Wanita gemuk mungkin memiliki terlalu banyak estrogen karena terlalu banyak lemak dalam tubuh.

Wanita yang kekurangan berat badan juga mungkin mengalami anovulasi karena kekurangan lemak tubuh. Tidak  ada estrogen yang masuk karena tingkat kolesterol yang banyak membuat siklus menstruasi. Terlambat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan kebiasaan olahraga ekstrim memiliki kadar estradiol yang lebih rendah secara signifikan karena rendahnya tingkat lemak tubuh di area utama tubuh, yang menyebabkan anovulasi.

Estrogen sangat penting untuk pembentukan tulang yang sehat, ekspresi gen yang sehat, menjaga kadar kolesterol yang sehat, dan sangat penting untuk siklus menstruasi yang sehat.

Terlalu banyak estrogen, atau terlalu sedikit di dalam tubuh dapat n siklus menstruasi dapat berhenti. Sekarang Anda dapat melihat mengapa sangat penting untuk memiliki jumlah lemak tubuh yang cukup; tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit!

10. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) 


Sindrom ovarium polikistik, kadang-kadang juga disebut disfungsi ovarium polikistik. PCOS adalah gangguan endokrin yang paling umum terjadi pada wanita usia. Ada dua jenis PCOS yaitu tidak ada menstruasi atau siklus menstruasi yang tidak konsisten dan hiperandrogenisme di mana tubuh memproduksi terlalu banyak androgen atau yang paling umum adalah testosteron.

Sangat  penting untuk menemui dokter Anda jika Anda menduga bahwa siklus menstruasi Anda yang tidak teratur dapat dikaitkan dengan masalah lain. Gejala  lain PCOS adalah:

1) Jerawat
2) Pertumbuhan rambut berlebih pada wajah dan tubuh
3) Tekanan darah tinggi
4) Depresi dan kecemasan


11. Depresi 


Depresi dapat menyebabkan tubuh menghentikan siklus menstruasi. Depresi menyebabkan tubuh melepaskan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin yang mencegah hormon kesuburan wanita dilepaskan pada saat yang tepat dalam siklus menstruasi.

Depresi dapat menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi dengan mempengaruhi bagaimana fungsi kelenjar adrenal bekerja. Mengurangi depresi  dan mendukung kesehatan adrenal sangat penting untuk siklus menstruasi yang sehat. Kelenjar adrenal yang sehat  juga berdampak langsung pada kesehatan tiroid.


12. Masalah tiroid


Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dapat menekan ovulasi Anda. Fungsi tiroid yang buruk dapat menyebabkan siklus menstruasi berhenti.

Tiroid yang terlalu aktif yang menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid disebut Hyperthyroidism. Hypothyroidism adalah ketika tiroid kurang aktif dan tidak menghasilkan cukup hormon tiroid.


13. Tumor pituitari


Tumor hipofisis dapat menyebabkan gangguan dalam pelepasan dan pembuatan hormon tertentu yang dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur.


14. POF


POF, juga dikenal sebagai Ovarian Hypofunction, didefinisikan sebagai hilangnya fungsi ovarium yang normal sebelum usia 40. Siklus menstruasi mungkin berhenti sebelum usia 40, atau menjadi tidak teratur.  Jika hal ini terjadi pada Anda, maka  masa menopause Anda telah datang lebih awal dari biasanya.


Cara Mempercepat Haid agar Segera Selesai


Sementara itu, jika Anda dalam keadaan siklus haid yang normal namun menginginkan masa haid bisa selesai segera mungkin, Anda bisa menggunakan cara-cara yang alami tanpa obat-obatan. Cara-cara alami untuk mempercepat haid agar segera selesai adalah :

1. Olahraga


Menjadi sehat secara fisik  dalam jangka panjang dapat membantu Anda memiliki periode haid  lebih pendek dan lebih cepat. Jadi ketika sedang haid, janganlah hanya duduk berdiam, cobalah untuk berolahraga walau hanya sekedar jogging.


2. Kacang hijau


Ternyata  memakan kacang hijau, buah dan sayuran lainnya adalah cara yang efektif untuk mengurangi atau bahkan menghentikan haid Anda. Bayam, kol, brocolli, dan sayuran lain yang kaya vitamin E juga bisa membantu untuk mempercepat masa haid.


3. Ibuprofen


Meminum satu dosis ibuprofen 3-4 kali sehari dapat mengurangi masa mestruasi Anda hingga 50 %. Ibuprofen adalah obat anti-inflamasi non-steroid yang juga berfungsi membantu mengurangi rasa nyeri saat haid. Obat yang mengandung ibuprofen mengurangi produksi prostaglandin yang meningkatkan kontraksi uterus.


4. Madu 


Meminum madu juga dapat membantu untuk meningkatkan progesteron Anda dan memecah lapisan rahim Anda lebih cepat.  Minum madu 2-3 tetes sehari sekali.


5. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, K, dan C


Vitamin A, K, dan C semuanya berhubungan dengan pembekuan darah, dan wanita yang rajin mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin ini cenderung memiliki periode haid yang lebih cepat. Konsumsi suplemen vitamin ini untuk membantu meringankan aliran menstruasi Anda


6. Makan daging merah lebih banyak


Tingkatkan asupan daging merah dalam diet Anda. Menambahkan lebih banyak makanan kaya zat besi ini akan mempercepat aliran darah Anda dan meningkatkan panas tubuh Anda yang akan membantu siklus menstruasi selesai lebih. Mengkonsumsi sedikit saja daging merah akan membantu menjaga tubuh Anda ekstra efisien.


7. Minum banyak air


Mengkonsumsi banyak air akan mengurangi periode menstruasi Anda yang berlangsung lama. Air putih membantu menyiram darah dan jaringan dari tubuh Anda. Air  juga membantu melawan kram dan kembung karena kandungan natriumnya mampu mengusir racun dari tubuh Anda danmembuat ginjal Anda lebih sehat.


8. Jangan Gunakan Tampon


Menggunakan tampon sebagai pengganti pembalut  akan membuat masa haid Anda menjadi lebih lama. Gunakan pembalut yang bisa memperpendek menstruasi karena tampon dapat menghalangi aliran darah alami dari menstruasi Anda.


9. Gunakan Minyak Esensial


Minyak clary sage membantu menyeimbangkan hormon, sementara minyak cypress diketahui meningkatkan sirkulasi dan mengurangi nyeri saat haid. Untuk membantu meredakan kram serta nyeri saat haid melanda, maka oleskan minyak essensial tersebut ke punggung dan perut Anda.

Anda juga bisa membuat mengkompres perut dan punggung Anda dengan handuk dan air panas kemudian teteskan minyak esenssial dan pijat punggung serta perut Anda menggunakan handuk tersebut.


10. Lemon 


Memakan sepotong lemon atau memeras lemon dan mencampurkannya ke segelas air Anda selama menstruasi dapat membantu mengurangi masa menstruasi Anda lebih cepat. Sifat alami dari jus lemon menyehatkan fungsi reproduksi tubuh Anda menjadikan Anda lebih sehat.


11. Cuka apel 


Cara  mempercepat haid yang terakhir adalah dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel memang efektif mengurangi volume pendarahan dan mempercepat masa haid Anda. Cuka apel mengandung rasa asam yang akan membuat darah lebih cepat terhenti.


Cara Mempercepat Haid Secara Alami


Jika Anda tidak mau hal itu terjadi kepada Anda, maka Anda harus mencoba pengobatan alami sebagai cara mempercepat haid. Apa sajakah pengobatan alami yang perlu Anda lakukan?


1. Pepaya mentah


Pepaya  mentah dianggap berguna dalam mengatur aliran menstruasi karena membantu mengontraksi serat otot di rahim. Konsumsi jus pepaya mentah secara teratur selama beberapa bulan dan siklus menstruasi Anda akan datang lebih cepat. Namun, ingat!  Jangan minum jus jambu selama menstruasi.


2. Kunyit


Kunyit dianggap sebagai salah satu ramuan obat terbaik yang cukup sering digunakan untuk mempercepat haid. Kunyit sangat membantu dalam mengatur haid dan menyeimbangkan hormon. Sifat antispasmodik dan anti-inflamasi dalam kunyit juga meredakan nyeri haid.
Konsumsilah seperempat sendok  kunyit dengan susu, madu atau jaggery. Minum setiap hari selama beberapa minggu sampai haid Anda datang lebih cepat jika siklus Anda telah terlambat.


3. Aloe Vera


Jangan gunakan obat ini selama menstruasi. Aloe vera membantu mengobati ketidakteraturan menstruasi secara alami dengan mengatur hormon Anda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, ekstrak gel lidah buaya segar, campurkan satu sendok teh madu dan konsumsilah setiap hari sebelum sarapan.


4. Berlatih Yoga dan Meditasi


Stres adalah salah satu penyebab utama ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang memicu ketidakteraturan dalam menstruasi. Yoga dan meditasi membantu mengurangi stres. Meditasi dapat memastikan keseimbangan hormon yang sempurna dalam tubuh. Keduanya adalah metode yang paling efektif untuk mengendalikan menstruasi yang tidak teratur tanpa obat-obatan.


5. Jahe


Rebus 1 sendok makan jahe segar selama 5 menit. Tambahkan sedikit gula dan minum campuran tiga kali sehari setelah makan Anda. Jahe sangat dianjurkan untuk mengatur siklus menstruasi dan menyingkirkan menstruasi yang tidak teratur.


6. Jintan


Jintan  memiliki sejumlah manfaat dalam kesehatan. Jintan direndam dapat digunakan dalam pengobatan periode tidak teratur. Ambil 2 sendok biji cumin dan rendam dalam air di malam hari dan minum keduanya di pagi hari. Anda perlu minum air ini setiap hari agar menstruasi Anda teratur.


7. Kayu Manis


Kayu manis tidak hanya membantu meningkatkan cita rasa hidangan Anda lebih nikmat tetapi secara signifikan juga berkontribusi dalam mengatur siklus menstruasi Anda. Kayu manis memberikan efek pemanasan dalam tubuh Anda.

Ambil segelas penuh susu hangat dan tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis dan minumlah. Kayu manis juga dipercaya  efektif dalam memberantas kram yang terjadi saat  menstruasi.


8. Vitamin C


Vitamin C dapat meningkatkan kadar hormon dan meningkatkan kesuburan pada wanita. Tubuh membutuhkan makanan sumber vitamin C untuk penyerapan zat besi yang tepat, jadi pastikan untuk mengkonsumsi makanan tinggi vitamin C dan makanan tinggi zat besi. Sumber makanan yang mengandung  vitamin C adalah paprika merah, jeruk, stroberi dan teh bunga kembang sepatu.


9. Vitamin B


 Sayuran hijau kaya akan vitamin B. Vitamin B sangat diperlukan untuk keseimbangan hormon yang tepat. Sayuran yang terdapat vitamin B adalah selada, rumput laut, spirulina, jelatang, peterseli dan basil.


10. Asam lemak esensial


Asam lemak esensial  atau omega 3 sangat penting untuk produksi hormon. Banyak wanita yang kekurangan omega 3 dan siklus menstruasinya menjadi tidak teratur. Beberapa makanan yang kaya asam lemak adalah biji rami, walnut, salmon, sarden, halibut, udang, kakap, kerang, biji chia dan minyak ikan.


11. Kolesterol


Kolesterol diperlukan untuk produksi hormon. Hindari makanan yang diet 'rendah lemak' dan pastikan untuk makan diet yang mengandung lemak hewani. Lemak  yang bersumber dari hewan yang makan rumput sangat baik karena mengandung kolesterol bersih.

Makanlah daging sapi, susu mentah dari sapi atau kambing yang diberi makan rumput, yogurt susu utuh, telur, mentega dari susu yang diberi makan rumput dan minyak kelapa.


12. Serat


Serat membantu menghilangkan kelebihan hormon dari tubuh yang mungkin menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Serat juga membantu mengatur kadar gula darah, yang membantu mengurangi masalah kesuburan seperti PCOS dan masalah imunologi.

Serat juga meningkatkan keseimbangan hormon yang sehat. Beberapa contoh makanan berserat tinggi adalah buah-buahan segar, sayuran, sayuran hijau gelap, dan kacang-kacangan.


13. Seng 


Seng hanya salah satu mineral yang digunakan tubuh untuk menjaga kadar hormon seperti estrogen, progesterone dan testosteron untuk tetap stabil sepanjang siklus menstruasi. Tubuh wanita membutuhkan sejumlah seng untuk menghasilkan telur matang untuk pembuahan. Sumber makanan yang mengandung seng adalah tiram, biji labu mentah, biji wijen, mentega biji wijen.

Cara yang baik untuk mendukung tubuh mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan setiap hari adalah dengan mengonsumsi multivitamin makanan secara keseluruhan.

Back To Top